PENGERTIAN SPREADSHEET




Spreadsheet adalah sebuah program aplikasi komputer interaktif untuk organisasi dan analisis data dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi lembar kertas. Program ini beroperasi pada data yang direpresentasikan sebagai sel dari array, yang diselenggarakan dalam baris dan kolom. Setiap sel dari array adalah elemen model-view-controller yang dapat berisi baik numerik atau data teks, atau hasil dari formula yang secara otomatis menghitung dan menampilkan nilai berdasarkan isi sel lain.

Pengguna spreadsheet dapat membuat perubahan dalam nilai yang disimpan dan mengamati efek pada nilai-nilai dihitung. Hal ini membuat spreadsheet berguna untuk “apa-jika” analisis karena banyak kasus dapat cepat diselidiki tanpa perhitungan manual membosankan. Software spreadsheet modern dapat memiliki beberapa lembar interaktif, dan dapat menampilkan data baik sebagai teks dan angka, atau dalam bentuk grafik.

Selain operasi dasar aritmatika dan fungsi matematika, spreadsheet modern yang menyediakan built-in fungsi untuk operasi keuangan dan statistik umum. Perhitungan seperti net present value atau deviasi standar dapat diterapkan pada data tabular dengan fungsi diprogram dalam formula. Program spreadsheet juga menyediakan ekspresi kondisional, fungsi untuk mengkonversi antara teks dan angka, dan fungsi yang beroperasi pada string teks.

Spreadsheets sekarang telah menggantikan sistem berbasis kertas di seluruh dunia bisnis. Meskipun mereka pertama kali dikembangkan untuk tugas-tugas akuntansi atau pembukuan, mereka sekarang digunakan secara ekstensif dalam konteks di mana daftar tabular dibangun, diurutkan dan berbagi.

VisiCalc adalah spreadsheet elektronik pertama pada microcomputer, dan itu membantu mengubah komputer Apple II menjadi sistem populer dan banyak digunakan. Lotus 1-2-3 adalah spreadsheet terkemuka ketika DOS adalah sistem operasi yang dominan. Excel kini memiliki pangsa pasar terbesar pada platform Windows dan Macintosh.

Berikut Program Spreadsheet Yang paling populer dan banyak digunakan saat ini:
1. Microsoft Excel

Microsoft mengembangkan Excel pada platform Macintosh selama beberapa tahun, dan kemudian porting ke Windows 2.0. Platform Windows 3.x dari awal 1990-an memungkinkan untuk Excel untuk mengambil pangsa pasar dari Lotus. Pada saat Lotus menanggapi dengan produk-produk Windows yang dapat digunakan, Microsoft telah mulai merakit Office suite mereka. Dimulai pada pertengahan 1990-an terus berlanjut sampai saat ini, Microsoft Excel telah mendominasi pasar spreadsheet elektronik komersial.


2.Open Source Software

Gnumeric adalah, program spreadsheet cross-platform gratis yang merupakan bagian dari GNOME Free Software Desktop Project. OpenOffice.org Calc dan LibreOffice Calc yang sangat erat kaitannya (dengan menggunakan lisensi LGPL) bebas dan open source spreadsheet.

3. Spreadsheet Berbasis Web

Dengan munculnya teknologi web canggih seperti Ajax sekitar tahun 2005, generasi baru spreadsheet online telah muncul. Dilengkapi dengan pengalaman pengguna yang kaya aplikasi Internet, yang terbaik berbasis web spreadsheet online memiliki banyak fitur yang terlihat pada aplikasi spreadsheet dekstop. Beberapa dari mereka seperti Office Web Apps, Zoho atau Google Spreadsheets juga memiliki multi-user fitur kolaborasi yang kuat dan / atau menawarkan update real time dari sumber terpencil seperti harga saham dan nilai tukar mata uang.


Beberapa Spreadsheet lain untuk berbagai platform:

    Accel Spreadsheet from SSuite Office
    Calligra Sheets (formerly KCalc)
    CorelQuattro Pro (WordPerfect Office)
    GS-Calc
    iSpread untuk iPad, iPhone and iPod Touch
    Kingsoft Spreadsheets
    Mariner Calc is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk Mac OS.
    Calc XLS is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk iOS.
    Numbers is Apple Inc.‘s spreadsheet software, untuk iWork.
    ZCubes-Calci
    Kingsoft Office Android

Comments