"Windows has detected an IP address conflict" Problem Fix


Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
"Network Error"
Windows has detected an IP address conflict
Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log.
Arti dari pesan kesalahan diatas bahwa ada komputer atau perangkat lain dalam jaringan yang sama baik lokal atau menggunakan WiFi yang memiliki IP address yang sama. Efeknya koneksi internet akan terganggu atau malah mati pada setiap perangkat yang terpengaruh. Jika sudah tau pengertian dan masalahnya, Selanjutnya saya akan menjelaskan cara memperbaikinya, Berikut Caranya :

Menggunakan Alamat IP Statis

Kadang dengan menggunakan layanan alokasi alamat IP dinamis (DHCP) bisa menjadi konflik kalau ada orang lain yang sedang memakai IP address yang sama, ini biasanya juga disebabkan orang lain menggunakan IP statis. Saya biasanya menggunakan alamat IP statis yang jarang dipakai dan tidak urut, contohnya: 192.168.1.191. Anda bisa mensetting IP Windows melalui Network Adapter.


Reset Pengeturan DHCP Windows

Anda tidak perlu mengakses Network Adapter di Windows untuk mereset setting DHCPnya, cukup jalankan command prompt dengan hak administrator dan ketikkan perintah – perintah berikut:
  1. ipconfig /release – Ini untuk melepaskan konfigurasi jaringan Windows.
  2. ipconfig /renew – Ini untuk memperbarui setting IP Windows, jadi komputer ini akan mendapatkan informasi baru dari modem atau router yang ada.

    Restart Modem atau Router   

    Ini cara terakhir yang saya pakai, jadi sangat jarang kalau masalah ini disebabkan konfigurasi modem atau router. Walau begitu kadang setting yang ada tersangkut dan membuat kerja DHCP mereka tidaklah benar, jadi cukup dengan mematikan dan menghidupkan kembali biasanya akan berhasil diatasi.

    Comments